khasiat ketepeng cina

tanaman berupa perdu kecil yang tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 1 meter.tumbuh liar di pinggir kota,daerah tepi sungai ,semak belukar dan kadang-kadang ditanam sebagai tanaman hias.batangnya lurus ,pangkal batang berkayu banyak bercabang,daerah ujung batang berambut jarang.daun letak berseling,berupa daun majemuk menyirip ganda terdiri dari 3 pasang anak daun yang bentuknya bulat telur sunsang,panjang 2-3 cm,lebar 1,5-3 cm ujung agak membulat dan pangkal daun melancip,warna hijau,permukaan bawah daun berambut halus.bunganya banyak berwarna kuningtersusun dalam rangkaian tandan yang tumbuh pada ketiak daun.buahnya buah polong berkulit keras berisi 20-30 biji yang bentuknya lengkung berwarna coklat kuning mengkilat.tanaman perdu ini berasal dari amerika tropik,dan menyukai tempat terbuka dan agak teduh.dapat tumbuh di dataran rendah sampai 800 m di atas permukaan laut.

nama lokal: ketepeng sapi,ketepeng cilik(jawa),pepo(timor),ketepeng lentik(sunda),jue ming zi(china)

penyakit yang dapat diobati:radang mata,luka cornea,rabun senja,glaucoma,hipertensi,hepatitis,cirrhosis,perut busung air(ascites),sulit BAB.

pemanfaatan:
bagian yang dipakai yaitu biji,dikeringkan
-radang mata merah,luka cornea(ulcus cornea),rabun senja,glaucoma.
-tekanan darah tinggi
-hepatitis,cirrhosis,ascites(perutbusung air)
-sulit BAB
pemakaian :5-15 gram biji yangtelah dikerngkan direbus,minum atau jadikan bubuk untuk pemakaian luar.

cara pemakaian:
-tekanan darah tinggi
  15 gram biji digongseng(goreng tanpa minyak) sampai kuning.kemudian digiling sampai terasa kesat.tambahkan gula secukupnya.seduh dengan air panas atau direbus.minum sebagai pengganti teh.
-radang mata
bubuk/serbuk ditambah teh secukupnya.tempelkan pada kedua pelipis(pada kedua titik akupuntur tay yang/instimewa)
-cacingan pada anak
  9 grambubuk+ 1 pasang hati ayam,dilumatkan.tambah sedikit arak putih.aduk menjadi lempengan.kukus lalumakan.

komposisi:
sifat kimiawi dan efek farmakologis:terasa manis,pahit,dan asin,agak dingin.pengobatan radang mata,peluruh air seni,melancarkan BAB.herba ini masuk meridian liver(purifies = membersihkan)dan meridian ginjal(support = menguatkan).
kandungan kimia :biji segar mengandung chryzophanol,emodin,aloe-emodin,rhein.physcion,obtusin,aurantio-abtusin,rubrobusarin,torachryson,toralactone,vitamin A.