Antikanker Kunyit-Sambiloto

senyaw aktif kurkumin pada kunyit dan andrografolida pada sambiloto nketika berdiri sendiri sedah terbukti memilki khasiat masing-masing.ketika keduanya dipadukan,ternyata mampu membentuk satu formulas antikanker yang sinergis.
saat ini racikan yang diberi nama kapsul androma itu sudah  menjadi obat herbal terstandar (OHT) dan akan ditingkatkan lagi supaya menjadi filofarmaka,yang mantinya bisa diresepkan dokter.formulasi antikanker dengan senyawa aktif kunyit dan sambiloto ini selaras dengan formula jamu tradisional.
perpaduan dua ekstrak herbal atau lebih itu memiliki fungsi antara lain supaya komponennya saling mendukung atau saling mengurangi efek samping.mengacu pada traditional chinese medicine (TCM) yang dikenal paling maju di dunia dalam mengembangkan obat herbal.pengembangan obat herbal mencakup tiga kategori yaitu jamu.OHT,fitofarmaka.
jamu sebagai obat tradisional didasarkan pengalaman empirik masyarakat dalam kurun waktu lama.OHT beranjak dari sekedar racikan herbal,yaitu dengan menetapkan standarisasi komponen-komponen herbal terutama melalui uji praklinik.
fitofarmaka adalah OHT yang telah diuji klinik pada manusia.selama ini,rimpang kunyit diketahui menjadi zat antiradang,antiseptik,dan pencegah kanker.kunyit diketahui pula kerkhasiat untuk menghilangkan sakit maag,atau peluruh darah haid agar cepat selesai serta meredakan rasa nyeri saat haid.
kemudian daun sambiloto dengan rasa pahit dikenal masyarakat untuk mengobati penyakit kencing manis,tifus,penyakit kulit gatal-gatal,antimalaria,dan mencegah kanker.sambiloto juga bermanfaat menjaga daya tahan tubuh.