Khasiat Buah Nanas

buah ini banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan.juga mengandung kalsium,fosfor,magnesium,besi,natrium,kalium,dekstrosa,sukrosa,dan enzim bromelain.bromelain berkhasiat sebagai antiradang,membantu melunakkan makanan di lambung,serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.
-dapat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan,
-pembantu pencernaan makanan di lambung.
-anti radang
-peluruh kencing (diuretik)
membersihkan jaringan kulit yang mati
-mengganggu pertumbuhan sel kanker
-menghambat penggumpalan trombosit

beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah nanas antara lain:
-air perasan (jus) nanas untuk mengobati cacingan,radang tenggorokan,beri-beri,menurunkan berat badan dan masalah pencernaan.
-daun nanas (cuci bersih ditumbuk halus balurkan pada yang sakit) untuk mengobati luka bakar,gatal dan bisul.
-ketombe:sediakan 1/4 buah nanas masak,kupas kulitnya lalu parut,peras dan saring,tambahkan air perasan 1 buah keruk nipis dan aduk sampai rata,gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe.lakukan malam sebelum tidur.keesokan paginya rambut dikeramas.lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
-peradangan kulit:sediakan 1/2 buah nanas masak,kupas kulitnya,lalu parut.hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas,lakukan sekali sehari,malam sebelum tidur,keesokan paginya baru di cuci bersih,lakukan setiap hari.
-sembelit:minum air perasan dari tiga buah nanas,namun pilihlah buah yang belum matang benar dan agak sedikit asam.

efek samping:
-nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat mengugurkan kandungan.karena itu,nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid,karena itu,wanita hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.
-memicu reumatik.di dalam saluran cerna ,buah nanas terfermentasi mencadi alkohol.penderita reumatik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.
-meningkatkan gula darah.buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi,jadi,bagi penderita diabetes,sebaiknyatidak mengkonsumsi nanas secara berlebihan.
-menimbulkan rasa gatal.terkadang sehabis makan nanas segar,mulut dan liodah tersa gatal.untuk menghindarinya,sebelum dimakan,rendamlah potongan buah nanas dengan air garam.