kegunaan tanaman kompri untuk kesehatan

tanaman dengan nama latin symphytum officinale ini amat umum di eropa dan asia barat ,yang tumbuh ditanah berumput basah atau pinggir selokan.di indonesia kompri bisa ditanam dalam pot atau dikebun sebagai tumbuhan obat.herba,membentuk rumpun,tinggi 20-50 cm.tumbuhan berbatang semu,daun tunggal,bulat telur,ujung dan pangkal runcing,tepi rata,permukaan berambut kasar,panjang 27-50 cm,lebar 4,5-14 cm,pertulangan menyirip,pelepah tumbuh berseling pada pangkal berbentuk roset akar,warnanya hijau.bunga majemuk,bentuk corong,putih kekuninga.buah bulat,tipa buah berdiri dari 4 biji,biji bulat,kecil,keras,dan hitam.daun muda bisa dimakan sebagai sayuran.perbanyakan dengan pemisahan akar.

nama lokal: kompri,kompring(jawa),kang fu li(china),komfrey,knitbone(inggris)

penyakit yang dapat diobati:rematik,pegal linu,diare,nyeri ulu hati,kanker payudara,radang saluran nafas(bronkithis),luka memar,borok,kencing manis,(diabetes melitus),patah tulang(fraktur),tekanan darah tinggi(hipertensi),rematik gout,radang usus,payudara bengkak karena ASI,gangguan lambung,batuk berdahak,radang amandel(tonsilis),darah haid banyak,kencing darah,liur berdarah,dan wasir berdarah.

pemanfaatan:
bagian yang digunakan:daun dan akar
indikasi:daun berkhasiat untuk mengatasi
- nreumatik,pegal linu,diare,tifoid
- nyeri ulu hati,radang saluran nafas(bronkhitis),kencing manis (diabetes melitus)
- tekanan darah tinggi dan kanker payudara
akar berkhasiat mengatasi:
-luka memar,borok,luka pada paru
- tulang patah(fraktur)
- reumatik gout
- payudara bengkak karena bendungan ASI
- radang usu,gangguan lambung
- batuk berdahak,radang amandel(tonsilitis)
- rasa penuh di dada
- perdarahan,darah haid banyak,kencing darah,liur berdarah dan wasir berdarah

cara pemakaian:
akar segar sebanyak 20-30 gram direbus lalu diminum.
untuk pemakaian luar:daun segar yang digiling halus untuk menyembuhkan luka,ekzema,dan memar.akar yang digiling harus dicampur sedikit kapur untuk menyembuhkan luka bernanah,borok di tungkai,bisul besar,wasir,gangren,reumatik gout,dan tumor.

contoh pemakaian:
- reumatik
   sebanyak 15 gr daun muda segar dicuci lalu dipotong kecil- kecil.makan sebagai lalapan.
- reumatik gout
   akar kompri segar secukupnya dicuci lalu digiling halus.letakkan pada bagian tubuh yang sakit.
- luka memar,borok,luka pada paru
   akar kompri segar sebesar 1 ibu jari dipotong-potong.rebus dengan 1 gel;as air bersih atau arak.setelah dingin disaring. bagi untuk du akali minu,yaitu pagi dan sore sama banyak.
- rasa penuh di dada
   akar kompri segar sebanyak 20 gr dicuci bersih.potong-potong seperlunya.rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.setelah dingindisaring,bagi untuk 2 kali minum,pagi dan sore.
- tulang patah,luka terpotong,luka baru
   akar kompri segar secukupnya digiling halus.letakkan pada bagian tulang yang patah/luka terpotong.balut
- payudara bengkak,wasir berdarah
   akar kompri segar secukupnya digiling halus.letakkan pada wasir berdarah atau payudara bengkak.
- tonsilitis,bronkhitis,batuk berdahak
   akar kompri segar sebanyak 25 grdicuci lalu dipotong-potong seperlunya.rebus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas,setelah dingin,saring.bagi menjadi 2 minum pagi dan sore hari.

catatan:
- pemakaian berlebihan menyebabkan keracunan(kerusakan hati)
- sebaiknya penggunaan kompri untuk pengobatan dibatasi sampai penelitian terakhir mengungkapkan kalau kompri adalah tumbuhan yang bersifat karsinogenik(dapat menyebabkan kanker)
- untuk pemakaian luar penggunaan daun  kompri sebagai obat untuk penyembuhan luka dan patah tulang,tidak bermasalah.

komposisi:
kamdungan kimia:daun kompri mengandung symphytine,echimidine,anadoline,vitamin (B1,B2,C,dan E)alkaloid pyrrolizidine diketahui merupakan penyebab kerusakan hati yang dinamakan hepatic veno-occlusive disease(HVOD).sedangkan akarnya mengandung alkaloidpyrrolizidine dengan jumlah yang lebih besar dari daun.
efek farmakologis dan hasil penelitian:infus daun kompri 20% dengan takaran 25 dan 40 ml/kg bb mempunyai efek menurunkan kadar gula darah tikus putih jantan sebanding dengan suspensi klorpropamida 22,5 mg/kg bb.(jurusan farmasi,FMIPA,UNAND,1998)

1 komentar

  1. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontinyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    BalasHapus

thank you visit my blog,please writing comment